Alat Komunikasi Modern yang Sering Digunakan Sehari-hari

Alat Komunikasi Modern – Alat komunikasi modern adalah media canggih yang di gunakan untuk transmisi pesan dari komunikator kepada komunikan. Perbedaan antara alat musik tradisional dan modern di tandai dengan unsur teknologi. Alat komunikasi modern memanfaatkan bahkan cenderung dengan aliran listrik, jaringan sinyal dan berhubungan teknologi lainnya.

Alat komunikasi modern memiliki jangkauan luas. Selain itu, alat komunikasi modern menghasilkan informasi atau pesan yang canggih, seperti memuat tulisan, gambar hingga gambar bergerak. alat modern komunikasi juga memungkinkan manusia untuk bertukar informasi dengan cepat meskipun jaraknya yang jauh.

Berikut ini beberapa contoh alat komunikasi yang sudah di lansir dari berbagai sumber:

1. Radio

Alat komunikasi yang satu ini bekerja sebagai penerjemah golongan sinyal yang menghasilkan informasi berupa suara. Radio sangat di minati oleh banyak kalangan publik yang kurang suka untuk membaca dan pada akhirnya hanya mendengarkan berita melalui telinga.

Cara menggunakan radio juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mencari sinyal radio lewat konsol putaran yang tersedia pada radio, apabila sudah menemukan sinyalnya kamu bisa mendengarkannya dengan santai.

2. Faksimili

Alat komunikasi ini di gunakan untuk mengirim dokumen melalui jaringan kabel telepon analog. Pada perkembangan selanjutnya faksimili sudah memanfaatkan jaringan internet.

Faksimili berbentuk seperti kombinasi antara telepon dan mesin fotocopy. Cara kerja faks juga merupakan gabungan fungsi beberapa alat yaitu telepon, scanner, fotocopy dan juga printer. Mesin faks akan menerima dokumen berupa kertas yang nantinya akan di scan lalu di kirimkan kepada penerima dengan memasukkan nomor faksimili yang dituju.

Baca Juga : Negara Dengan Teknologi Paling Canggih di Dunia

3. Telepon

Telepon di temukan pada tahun 1871 oleh Antonie Meucci. Dia mematenkan penemuan itu dan dinamakan dengan sound telegraph. Alat ini bisa memungkinkan komunikasi dalam bentuk suara antar 2 orang dengan perantara kabel.

Pada tahun 1940 telepon sudah banyak di gunakan oleh orang-orang. Telepon menjadi alat bantu perang, membidik tembakan sehingga meningkatkan kualitas radar. Telepon di gunakan untuk keperluan militer selama perang. Hingga saat ini, telepon masih banyak di gunakan sebagai sarana komunikasi.

4. Handy Talky

Alat komunikasi ini sering di gunakan di perangkat keamanan seperti petugas keamanan di bank, pasukan pengaman presiden, hingga anggota kepolisian. komunikasi ini berbentuk seperti telepon genggam keluaran lama yang memiliki antena Panjang dengan layar kecil tanpa warna dan susunan tombol.

Alat ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio. Jarak tempuh komunikasi handy talky adalah sepanjang 12 mil. Komunikasi yang di hasilkan oleh handy talky sayangnya hanya bersifat sementara karena salurannya bisa berganti setiap waktu.

5. Email

Email pertama kali di temukan oleh Ray Tomlinson yang menjadi program Arpanet pada tahun 1971. Emaiil merupakan surat elektronik yang bisa mengirim dan menerima informasi berupa tulisan dan gambar.

Cara menggunakan email yaitu membutuhkan gadget, modem atau alat yang terhubung dengan internet. Saat ini email di gunakan untuk berbagai macam keperluan seperti promosi produk, mengirim surat penting perusahaan hingga mengirimkan tugas sekolah.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *