5 Cara Sederhana yang Bisa Bantu Redakan Keseleo

5 Cara Sederhana – Keseleo adalah salah satu risiko yang umum terjadi saat seseorang sedang beraktivitas berat ataupun berolahraga. Kondisi tersebut umumnya terjadi karena ligamen dalam tubuh robek atau terpelintir akibat salah gerak atau memaksakan gerakan di luar batas kemampuan. Masalah keseleo sendiri bisa terjadi di sejumlah bagian tubuh, Saat keseleo, bagian tubuh yang bermasalah akan terasa nyeri, Bahkan, bisa memar dan membengkak. Meski bukan termasuk cedera serius, keseleo tetap harus di tangani dengan baik dan benar agar tidak bertambah parah. Berikut sejumlah cara sederhana yang bisa di terapkan untuk menyembuhkan keseleo.

1. Istirahat

Langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah keselo adalah dengan beristirahat. Berdasarkan penelitian yang di terbitkan di Journal of Orthopaedic & Sport Physical Therapy pada 2024, istirahat dapat membantu mempercepat pemulihan dan mengurangi risiko cedera berulang.

Dengan beristirahat, tubuh akan bekerja untuk memperbaiki, meregenerasi, dan memulihkan berbagai jaringan yang rusak usai beraktivitas. Saat beristirahat, pastikan anda tidak membebani area yang sakit untuk mencegah kerusakan lebih parah sekaligus mempercepat waktu pemulihan

2. Kompres Dengan Es

Mengompres bagian yang keseleo dengan es adalah langkah selanjutnya yang bisa di lakukan untuk meredakan keseloi. Hal tersebut lantaran hawa dingin bisa menyempitkan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi alirah darah ke area yang cedera. Namun, hindari menempelkan es batu secara langsung ke bagian tubuh yang mengalami keseleo karena hal tersebut dapat menyebabkan radang dingin (frostbite). Anda dapat mengompres bagian yang sakit dengan yang sudah dibalut plastik dan handuk. Gunakan es batu berlapis kain ke area cedera selama 15-20 menit dan ulangi hingga nyeri dan bengkak mereda.

Baca Juga : Gejala Kolesterol Naik, Apa Saja Tandanya?

3. Perban

Keseleo juga bisa di obati dengan cara membalutkan perban pada bagian tubuh yang cedera. Upaya tersebut di lakukan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan memberikan stabilitas pada sendi yang cedera. Meski begitu, hindari cara membalut yang terlalu kencang. Balutan perban yang terlalu kencang dapat menghampab aliran darah menuju area tubuh yang mengalami sakit.

4. Angkat Kaki Lebih Tinggi Saat Tiduran

Jika mengalami keseleo pada bagian kaki, anda di anjurkan untuk mengangkat kaki lebih tinggi dari posisi jantung. Hal itu di perlukan untuk membantu mengurangi alirah darah ke area yang cedera. Berdasarkan sejumlah penelitian, cara itu terbukti dapat memfasilitasi aliran baik vena dan mengurangi tekanan hidrostatik.

5. Oleskan Obat Pereda Nyeri (Anti-Inflamasi)

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk menangani masalah keseleo adalah dengan mengoleskan obat pereda nyeri yang mengandung zat inflamasi, seperti metil salisilat atau ibuprofen. Ibuprofen adalah obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) yang berfungsi untuk menurunkan hormon penyebab peradangan dan rasa sakit di tubuh, termasuk rasa nyeri akibat keseleo. Oleh karena itu, mengoleskan obat pereda nyeri yang memiliki kandungan tersebut juga jadi salah satu langkah untuk mengatasi keseleo.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *