Contoh Teknologi AI yang Umum Digunakan Sehari-hari

Contoh Teknologi AI – Kemajuan artifical intelligence yang pesat semakin menambah deretan contoh teknologi AI yang mungkin kamu gunakan. Selain menarik secara fungsional, implementasi AI juga hadir dengan visual yang atraktif. Artikel ini akan menyajikan informasi tentang teknologi AI, mulai dari definisi hingga implementasi dalam dunia nyata. Baca sampai selesai, ya!

Apa Itu AI?

Secara sederhana, AI (Artificial intelligence) merujuk pada sistem komputer yang di rancang untuk meniru kemampuan intelektual manusia, seperti berpikir dan bertindak rasional dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Pada prosesnya, berbagai contoh teknologi AI bekerja dengan mengumpulkan data mengidentifikasi data dari sumber tertentu sebagai dasar pengetahuan. Karenanya, teknologi ini dapat diimplementasikan pada berbagai fungsi.

Manfaat AI

Seiring berkembangnya zaman, contoh teknologi AI telah membuktikan sebagai kekuatan transformasional yang membawa segudang manfaat esensial dalam berbagai lini kehidupan manusa. Untuk mengetahui manfaat selengkapnya, berikut ada duna manfaat utama AI yang perlu kamu.

1. Mengotomatisasi Tugas Rutin

Tak dapat di pungkiri, pengerjaan tugas rutin bisa menjadi lebih praktis dan mudah dengan penerapan sistem otomatisasi dengan teknologi AI yang sempurna. Mulai dari proses produksi hingga administrasi pada semua sektor, teknologi AI mampu mengintegrasi pekerjaan rutin yang terlihat monoton dan berulang.

Dengan demikian, manusia dapat menitikberatkan fokus pada kumpulan tugas yang membutuhkan kecerdasan emosional dan kreativitas. Adapun contoh teknologi AI yang nyata terletak pada penggunaan robot cerdas dalam proses produksi dan layanan perusahaan, seperti pengelasan, pemasangan komponen, pembuatan konten website.

2. Menganalisis Data Secara Akurat

Secara umum, teknologi kecerdasan buatan mampu menganalisis dan mengabstaraksi pola dari data dengan akurat dalam waktu yang singkat pula. Terlebih lagi, dalam era big data, artifical intelligence menjadi kunci sukses dalam menyokong proses pengambilan keputusan data yang strategis.

Atas dasar alasan tersebut, contoh teknologi AI memungkinkan perusahan untuk memperoleh pemahaman menyeluruh mengenai perkembangan bisnis dengan berbasis data yang faktual.

Contoh Teknologi AI Dalam Kehidupan Sehari Hari

Banyak orang yang tidak menyadarinya, nyatanya kecerdasaan buatan sering di gunakan dalam kehidupan sehari hari. Berikut adalah contoh penerapan artifical intellegence dalam kehidupan manusia yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga : Negara dengan Teknologi Tercanggih Di Dunia

1. Asisten Virtual

Asisten virtual menjadi contoh teknologi AI yang paling banyak di gunakan dalam kehidupan manusia. Pada implementasinya. Teknologi ini mampu membantu meringankan pekerjaan, seperti pencarian informasi, pengaturan jadwal pertemuan dan pembacaan email otomatis, contohnya yaitu Google Assistant.

2. Search Engine

Setiap kamu kebingungan akan sesuatu, kamu pasti mencarinya melalui search engine (mesin pencari) seperti Google, Bing, dan sejenisnya. Menariknya, search engine mempunyai kemampuan predictive keywoard search dan bisa menyajikan konten website yang relevan dan sesuai dengan keinginan pengguna.

3. M-Banking

Seperti yang sudah kamu ketahui, bank juga menyediakan aplikasi m-banking guna memudahkan layanan pengguna. Pada bagian ini, teknologi AI berperan dalam menyediakan informasi terkait verifikasi pembelian guna pencegahan penipuan. Tak hanya itu, AI juga mampu memberikan peringatan tentang kurangnya saldo nasabah.

4. Chatbot

Pada dasarnya, Chatbot merupakan contoh teknologi AI cerdas dalam peningkatan hubungan perusahaan dengan pelanggan. Selain mampu memberikan solusi ke pengguna lebih cepat selama 24 jam, fitur tersebut juga memungkinkan bisnis untuk membagikan katalog atau pesan blast yang berisikan promosi produk.

5. Marketplace

Bagi penggemar belanja online, istilah marketplace sudah tidak asing lagi. Nah, artificial intellegence menjadi kiat krusial dalam peningkatan pengalaman belanja pelanggan dan peluang konversi. Dalam tugasnya, AI akan menganalisis pembelian dan penelusuran pelanggan guna menghadirkan rekomendasi produk yang relevan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *