5 Manfaat Teknologi Informasi di Kehidupan Sehari-hari

5 Manfaat Teknologi Informasi – Musik yang kita dengarkan hari ini, film yang kita tonton hari ini, semuanya adalah sebagian dari manfaat teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi yang pesat sekarang ini telah memungkinkan kita untuk melakukan banyak dengan mudah.Itu hanya sedikit dari manfaat teknologi yang bisa kita rasakan di kehidupan sehari-hari. Lebih dari itu masih banyak lagi manfaat teknologi informasi yang mungkin banyak yang belum kita sadari.

Cara kita membaca berita saat ini juga merupakan salah satu contoh dari manfaat teknologi informasi. Cara kita belajar saat ini, yang memungkinkan kita belajar dari jarak jauh, itu juga manfaat dari teknologi informasi.Bagaimana kita berbicara dengan teman atau kerabat dengan saling melihat wajah masing-masing meski terpaut jarak yang jauh, itu juga merupakan manfaat teknologi informasi yang kita rasakan.

Tanpa perkembangan teknologi informasi yang pesat seperti sekarang, kita mungkin tidak bisa menikmati layanan streaming untuk mendengarkan musik atau menonton film. Kita mungkin masih menulis surat untuk teman, kekasih, maupun keluarga yang jauh. Ecosia, salah satu perusahaan mesin pencari internet mengklaim telah menanam lebih dari 117 juta pohon di 26 negara. Untuk setiap klik pengguna, dari situlah keuntungan uang yang digunakan untuk menanam pohon tersebut.

1. Akses Informasi

Disingkat sebagai www, World Wide Web telah mengubah dunia menjadi jejaring sosial yang luas. Itu karena, segala macam informasi tersedia di internet secara luas dari seluruh dunia. Manfaat teknologi informasi ini tidak hanya membuat kita bisa membaca berita tanpa harus membeli koran terlebih dahulu, kita juga bisa belajar banyak hal, termasuk belajar pemrograman dari internet.

Ini karena dengan teknologi informasi, semua orang di seluruh dunia tidak hanya bisa mengakses, namun juga berbagi pengetahuan dan keterampilan, dengan menuliskannya dalam bentuk artikel di website, maupun video tutorial yang diunggah di layanan streaming seperti YouTube.

2. Munculnya Jenis Pekerjaan Baru

Manfaat teknologi informasi juga menyediakan jenis lapangan kerja baru. Dengan berkembangnya teknologi informasi, maka semakin banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidang ini. Mungkin orang-orang di generasi sebelumnya merasa asing dengan pekerjaan seperti Digital Marketing, UI/UX Writer, Content Creator, Programmer dan sebagainya.

Munculnya jenis pekerjaan baru ini membuat kita memiliki banyak pilihan bidang pekerjaan yang bisa kita geluti. Dengan kata lain, manfaat teknologi informasi juga menghadirkan lapangan kerja baru.

Baca Juga : https://www.populita.com/

3. Menghemat Waktu

Kini hampir semua akun yang ada di internet pasti dilengkapi dengan password, demi menjaga keamanan dan privasi dari pengguna.

Sebelum adanya teknologi informasi sekarang ini, bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk mengirimkan pesan untuk orang lain di luar kota. Kita harus menulis surat, memasukkannya ke dalam amplop, menempelinya dengan perangko, lalu pergi ke bis surat atau kantor pos untuk mengirimkannya ke alamat tujuan.

Butuh proses panjang dan waktu yang dihabiskan untuk mengirimkan sebuah pesan kepada teman atau keluarga yang berada di tempat yang jauh. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, kita bisa merasakan manfaat teknologi informasi yang memungkinkan kita menghemat waktu.

Sekarang dengan adanya WhatsApp, surel, dan aplikasi perpesanan lainnya, kita bisa mengirimkan pesan dalam hitungan detik. Tidak hanya mengirimkan pesan, kita juga bisa mengirimkan sejumlah berkas secara singkat.

4. Hiburan

Musik yang kita dengarkan, fiml yang kita tonton, saluran podcast yang kita simak sambil bekerja, itu adalah sejumlah teknologi informasi dari segi hiburan. Yang menarik dari manfaat teknologi informasi yang satu ini, kita bisa memilih jenis hiburan apa yang ingin kita nikmati.

Sebelum teknologi informasi sebelum saat ini, saluran yang bisa nikmati hanya terbatas. Selain itu, kita juga harus menonton film atau serial di TV sesuai jadwalnya. Kita tidak bisa melakukan pause atau memutar ulang video di TV.

Jika tidak begitu, kita harus menontonnya melalui DVD. Jika ada banyak film yang ingin kita tonton, bayangkan berapa banyak tumbukan DVD yang harus kita persiapkan?

5. Komunikasi

Teknologi modern telah menggantikan teknologi lama, itu fakta. Puluhan tahun yang lalu surat masih merupakan bentuk komunikasi yang paling umum, tetapi sekarang tidak ada yang akan berpikir untuk menulis surat. Selain karena membutuhkan waktu yang lama, Anda tidak bisa bertatap muka seperti yang bisa Anda lakukan dalam sebuah panggilan video.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *