Teknologi untuk Masa Depan yang Akan Mengubah Dunia

Teknologi untuk Masa Depan – Perkembangan teknologi terus berkembang pesat dan inovasinya selalu disesuaikan dengan kebutuhan manusia.

Saat ini seluruh aktivitas manusia sehari-hari sudah mulai bergantung pada teknologi. Mulai dari komunikasi, alat memasak, gadget pekerjaan, dan masih banyak lainnya.

Memang masih ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan secara manual.

Tapi hal itu justru akan memotivasi para ilmuwan untuk menciptakan teknologi baru yang bermanfaat untuk manusia.

Menariknya, beberapa teknologi yang sebelumnya hanya sebuah konsep, sekarang sudah dipasarkan dan dinikmati oleh banyak manusia.

Teknologi untuk Masa Depan

Penasaran teknologi masa depan apa saja yang masih dalam tahap pengembangan yang mungkin akan segera terwujud dalam waktu dekat? Mari simak daftar lengkapnya berikut ini

1. Autonomous Car

Autonomous car atau biasa sering dikenal sebagai mobil tanpa pengemudi (self-driving car) adalah kendaraan yang dapat membawa penumpang tanpa harus di kemudikan oleh supir.

Sistem kerja teknologi ini menggunakan kamera sensor khusus yang dapat mendeteksi gerakan dan memantau lingkungan di sekitar kendaraan.

Berkat kamera itu, sistem bisa menentukan arah dan berkendara dengan sangat baik. Salah satu perusahaan yang sedang mengembangkan teknologi ini adalah Tesla.

2. Kereta Hyperloop

The Boring Company, salah satu perusahaan Elon Musk, tengah melakukan pengembangan teknologi masa depan baru yang di sebut Hyperloop.

Hyperloop adalah moda transportasi berupa kereta yang di sebut bisa bergerak dengan cepat, aman, dan mampu mengangkut banyak penumpang.

Informasi yang beredar saat ini, Hyperloop bisa mengangkut 20-40 penumpang dan dapat melaju dengan kecepatan 1.7000 km/ jam.

Baca Juga : 5 Manfaat Teknologi Informasi di Kehidupan Sehari-hari

3. Mobil Terbang

Pernah melihat kendaraan terbang seperti yang ada di film-film sci-fi? Saat ini, banyak perusahaan teknoologi dan otomotif sedang melakukan pengembangan lebih lanjut untuk mewujudkan mobil terbang ini.

Salah satu perusahaan yang sedang mengembangkan mobil terbang adalah XPeng Aeroht, perusahaan asal Tiongkok, yang baru-baru ini memperkenalkan dua prototipe mobil terbang buatannya.

Prototipe pertama di beri nama HT Aero X1, sebuah mobil terbang dengan desain futuristik dengan pintu gullwing yang terbuka untuk mengakses sayap.

Mobil yang dapat menampung empat penumpang itu memiliki panjang 4,9 meter, lebar 2,0 meter, tinggi 1,8 meter, dan berat 1.600 kilogram.

Prototipe kedua di beri nama HT Aero X2, sebuah mobil terbang dengan desain yang lebih konvensional dan rotor yang di pasang di atap.

Mobil yang dapat menampung tiga penumpang itu memiliki panjang 4,6 meter, lebar 1,9 meter, tinggi 1,7 meter, dan berat 1.200 kilogram.

Perusahaan lain yang sedang mengerjakan konsep mobil terbang lainnya adalah Boeing, Hyundai, dan Airbus.

4. Xenotransplantasi

Teknologi canggih di masa depan yang masih dalam tahap pengembangan dan percobaan selanjutnya adalah Xenontransplantasi.

Teknologi di bidang medis ini di buat untuk melakukan pencangkokan sel, jaringan, atau organ hewan kepada manusia.

Salah satu transplantasi yang masih di uji coba adalah transplantasi jantung babi pada dua manusia.

Salah satu volunteer bisa bertahan selama beberapa bulan dengan transplantasi jantung babi, sementara satunya lagi masih dalam tahap observasi.

5. Ponsel Hologram

Teknologi canggih yang mungkin akan segera terwujud selanjutnya adalah ponsel hologram.

Ponsel hologram ini memungkinkan manusia untuk menikmati pengalaman komunikasi secara visual 3D.

Perusahaan yang sedang mengembangkan teknologi ini adalah RED. Mereka pernah merilis perangkat pertama yang di beri nama Hydrogen One pada 2018.

Hydrogen One di lengkapi dengan kamera yang dapat merekam video 3D. Canggihnya, ponsel tersebut mampu menampilkan hologram tanpa bantuan alat khusus seperti kacamata.

Perusahaan lain yang tengah mengembangkan perangkat sejenis adalah Apple dan Samsung.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *