Minuman & Makanan Berkalsium Tinggi yang baik untuk Tulang

Minuman & Makanan Berkalsium – Kalsium adalah salah satu nutrisi penting yang di butuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, gigi hingga jantung. Itulah mengapa kebutuhan kalsium harian perlu di penuhi, salah satunya dengan mengonsumsi makanan berkalsium tinggi. Kandungan kalsium yang tinggi bisa di peroleh dari berbagai asupan sehari hari, seperti susu, sayuran, hingga kacang kacangan. Ketahui sejumlah makanan berkalsium tinggi lainnya dalam artikel berikut.

Rekomendasi Minuman dan Makanan Berkalsium Tinggi

Kebutuhan kalsium harian dapat di penuhi dengan mengonsumsi makanan dan minuman berkalsium tinggi, seperti brokoli, ikan, hingga kacang almond. Berikut adalah contoh makanan berkalsium tinggi untuk pertumbuhan tulang yang di rekomendasikan.

1. Susu

Susu merupakan sumber makanan tinggi kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, terutama susu sapi dan kambing. Pasalnya, jumlah kalsium dalam satu gelas susu sapi mencapai 275-400 mg dan 330 mg untuk satu cangkir susu kambing. Kandungan kalsium dalam susu di ketahui lebih mudah di serap oleh tubuh. Bahkan, minuman berwarna putih ini juga kaya akan vitamin A, vitamin D, dan protein yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi harian anda. Namun, bagi orang yang memiliki alergi susu atau olahan susu sapi dan kambing dapat mengganti asupan kalsium dengan makanan atau minuman tinggi kalsium lainnya.

2. Brokoli

Brokoli mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, salah satunya kalsium. Pasalnya, dalam satu porsi atau setara dengan 128 gr brokoli mengandung 60 mg kalsium. Selain sumber kalsium, brokoli juga termasuk juga dalam sumber vitamin C yang baik. Untuk memperoleh manfaatnya secara optimal, tambahkan brokoli ke dalam menu harian atau bisa juga mengolahnya menjadi salah sayur yang lezat untuk camilan di sela sela waktu makan

Baca Juga : https://www.populita.com/

3. Bayam

Jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam juga menjadi sumber makanan berkalsium tinggi. Dalam 100 gr bayam di ketahui mengandung sekitar 99 mg kalsium. Bayam juga di perkaya oleh mineral dan vitamin lain, seperti zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Namun, bagi orang yang memiliki penyakit asam urat perlu berhati hati dalam mengonsumsi bayam. Hal ini karena bayam mengandung senyawa purin yang tinggi sehingga konsumsi berlebih dapat menyebabkan asam urat kambuh.

4. Kale

Kale juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dalam 128 gr kale yang sudah di masak terdapat sebanyak 192 mg kalsium. Tidak hanya itu, kale juga menawarkan beragam vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

5. Edamame

Edamame bisa menjadi pilihan sumber makanan berkalsium tinggi yang bisa anda jadikan sebagai camilan sehat di sela waktu makan. Pasalnya, dalam satu porsi atau setara 128 gr edamame mengandung sebanyak 80 mg kalsium. Selain itu, Edamame juga memiliki kandungan protein berkualitas tinggi serta asam amino utama yang di butuhkan oleh tubuh,

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *