Cara Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Cara Menjaga Kesehatan Jantung – Penting untuk menjaga kesehatan jantung karena organ ini punya peranan penting dalam tubuh. Ini 10 cara yang bisa kamu terapkan sehari-hari.

Jantung menjadi salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Pasalnya, jantung bertugas untuk menyuplai darah ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh agar bisa berfungsi secara optimal.

Pada dasarnya, ciri jantung sehat adalah memiliki detak jantung yang normal, sekitar 60-100 detak per menit dan tekanan darah yang berada di bawah 120/80 mmHg. Apabila kamu mengalami nyeri dada yang menjalar, sesak napas, atau dada yang berdebar, ini merupakan ciri-ciri jantung bermasalah.

Oleh karenanya, penting untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan begitu, organ tubuh yang satu ini dapat berfungsi dengan baik. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan jantung yang bisa kamu lakukan:

1. Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Cara menyehatkan jantung adalah dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh. Jenis lemak yang harus dihindari adalah lemak trans yang biasanya ditemukan pada makanan yang digoreng atau makanan kemasan.

Lemak trans terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Oleh karenanya, dianjurkan untuk mengonsumsi jenis lemak tidak jenuh yang bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL), menurunkan risiko pembekuan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung adalah minyak zaitun, ikan salmon, ikan sarden, atau biji-bijian yang mengandung lemak baik.

2. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin

Supaya lebih optimal dalam menjaga kesehatan jantung, kamu bisa melakukan aktivitas fisik secara rutin dan teratur.

Tak melulu harus berolahraga dengan fasilitas atau perlengkapan yang profesional, kamu bisa memilih untuk melakukan hal-hal yang sederhana, seperti naik turun tangga, jalan kaki, jogging, renang, atau senam.

Agar lebih optimal, coba lakukan aktivitas fisik tersebut setidaknya lima kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit. Pastikan untuk memilih jenis aktivitas yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan tubuh, ya!

Baca Juga : Cara Menghilangkan Sakit Perut Tanpa Obat yang Bisa Dicoba

3. Hindari Rokok dan Paparan Asapnya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok menjadi musuh utama bagi jantung. Tak hanya dari batang rokok yang diisap, ternyata paparan asap rokok juga dapat berbahaya bagi kesehatan jantung, lho.

“Fakta menyebutkan bahwa terpapar asap rokok secara berulang dan terus-menerus dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner hingga 20-30 persen,” tutur dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid.

Oleh karenanya, jauhi rokok dan paparan asapnya untuk menjagaa kesehatan jantung.

4. Jangan Duduk Terlalu Lama

Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu perlu menjauhkan diri dari kebiasaan duduk diam terlalu lama. Pasalnya, duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko terbentuknya bekuan darah di pembuluh darah kaki.

Hal ini bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke, atau penyumbatan di pembuluh darah paru.

Jika kamu harus bekerja atau bepergian dengan posisi duduk yang lama, coba untuk gerakkan kaki dengan berjalan ke toilet atau berkeliling ruangan setiap dua jam sekali.

5. Tidur Cukup

Menurut dr. Resthie, orang dewasa yang terbiasa tidur kurang dari 6 jam di malam hari, memiliki risiko dua kali lipat lebih tinggi untuk mengalami penyakit jantung dan stroke.

Ini dapat disebabkan oleh kurang tidur yang memicu peningkatan tekanan darah dan peradangan kronik di dalam darah. Pada akhirnya, ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kardiovaskular.

Karenanya, dianjurkan bagi orang dewasa untuk tidur selama 6-8 jam setiap hari.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *