Cara Menjaga Kesehatan Tulang yang Mudah Dilakukan

Cara Menjaga Kesehatan Tulang – Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang penting karena fungsinya yaitu mulai dari menjaga organ dalam tubuh, membantu pergerakan, memproduksi sel darah, hingga menyimpan mineral. Bila kesehatan tulang terganggu, aktivitas keseharian dan kualitas hidup Sobat Sehat pun ikut terganggu. Oleh karena itu penting sekali menjaga kesehatan tulang.

Cara menjaga kesehatan tulang sangatlah mudah. Dan bahkan Anda dapat melakukannya setiap hari. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan tulang yang bisa Anda praktikkan.

1. Konsumsi banyak sayur-sayuran

Cara menjaga kesehatan tulang yang sangat mudah dilakukan adalah dengan mengonsumsi banyak sayuran. Sayuran merupakan sumber terbaik vitamin C, nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk merangsang produksi sel pembentuk tulang. Selain itu, beberapa penelitian menyarankan bahwa efek antioksidan vitamin C dapat melindungi sel tulang dari kerusakan.

Mengonsumsi sayuran juga membantu meningkatkan massa tulang. Bila massa tulang kuat, maka tulang Anda tidak mudah patah. Selain itu mengonsumsi sayuran juga membantu mengurangi risiko penyakit seperti osteopenia (massa tulang rendah) maupun osteoporosis (tulang rapuh).

2. Konsumsi makanan yang kaya protein

Hampir 50% tulang manusia terbuat dari protein. Oleh karena itu agar kesehatannya tetap terjaga, tulang membutuhkan asupan protein. Sebuah studi pada para wanita yang mengalami menopause menunjukkan bahwa mengonsumsi protein dengan cukup dapat menurunkan risiko patah tulang pinggul. Oleh karena itu pastikan mengonsumsi makanan kaya protein seperti telur, almond, dada ayam, ikan, biji labu dan banyak lagi.

Baca Juga : Cara Merawat Kulit Wajah agar Sehat, Ketahui Tips dan Triknya

3. Mengonsumsi makanan kaya kalsium setiap hari

Kalsium merupakan salah satu mineral utama yang ada di dalam tulang dan memiliki peranan penting untuk pertumbuhan dan menjaga kekuatan tulang. Bila seseorang mengalami kekurangan kalsium maka tulangnya cenderung rapuh dan mudah patah. Kalsium juga berperan penting dalam meregenerasi sel-sel tulang yang rusak. Makanya agar kesehatan tulang tetap terjaga Anda perlu mendapatkan asupan kalsium setiap hari.

4. Mendapatkan asupan vitamin D yang cukup

Selain kalsium, vitamin D juga merupakan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi vitamin D yang cukup dapat membantu tulang menyerap kalsium sehingga tulang lebih kuat dan sehat. Vitamin ini bisa Anda dapatkan lewat berjemur dan juga mengonsumsi makanan seperti hati, keju, dan juga ikan berminyak yang kaya omega-3 (salmon, sarden, makarel hingga teri). Selain itu vitamin D juga bisa didapatkan lewat suplemen.

5. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium dan zinc

Di samping kalsium dan vitamin D masih ada mineral lain yang baik untuk kesehatan tulang, yaitu magnesium dan zinc. Magnesium membantu mengubah vitamin D menjadi bentuk yang meningkatkan penyerapan kalsium. Sementara zinc mendorong pembentukan sel pembangun tulang dan mencegah pemecahan tulang berlebihan. Magnesium bisa ditemukan dalam jumlah kecil di sebagian besar makanan, tetapi Anda bisa mengonsumsi suplemen seperti magnesium glukonat, sitrat, atau karbonat untuk memenuhi asupan harian Anda. Sementara itu beberapa makanan yang bisa menjadi sumber seng adalah daging sapi, udang, bayam, biji rami, tiram, dan biji labu.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *