Penemuan Terbaik di Dunia Otomotif, Sejarah dan Asal Usulnya

Penemuan Terbaik di Dunia Otomotif – Ada banyak penemuan terbaik di dunia otomotif yang akan membuat siapa saja takjub. Perkembangan teknologi dan inovasi yang semakin modern tentunya d ihasilkan berkat penemuan terbaik oleh para ahli otomotif.

Mereka menjadi pencipta sekaligus pelopor dari penemuan. Salah satunya temuan otomotif di bidang mobil. Penemuan tersebut hingga kini masih terpakai sepanjang masa.

Salah satu dari penemuan mereka meliputi faktor keamanan dan kenyamanan tonggak sejarah yang telah memastikan mobil tetap populer dan penting dalam hidup. Apa saja penemuan terbaik di dunia otomotif yang perlu Anda ketahui? Berikut ulasannya

1. Transmisi otomatis

Kisah penemuan terbaik di dunia otomotif yang pertama mengenai hadirnya transmisi otomatis. Pertama kali di temukan oleh seorang ahli asal Kanada bernama Alfred Horner Munro. Dia awalnya mengembangkannya teknologi ini pada 1921, hingga kemudian dirinya langsung mematenkan desain pada 1923 dan menerima paten Inggris dan AS masing-masing pada 1924 dan 1927.

Desain awal Munro menggunakan udara terkompresi daripada cairan hidrolik, seperti yang di gunakan oleh sistem modern. Akan tetapi dirinya tidak dapat menemukan aplikasi komersial untuk penemuannya. Lalu, pada 1932, penemuannya di lanjutkan oleh seorang insinyur Brasil bernama Jose Braz Araripe dan Fernando Lely Lemos yang mengembangkan versi cairan hidrolik. Setelah itu mereka menjual desain ke General Motors (GM) pada 1940.

2. Catalytic Converter

Konsep catalytic converter datang dari insinyur Prancis, bernama Eugene Houdry yang prihatin dengan kabut asap dan polusi udara di Los Angeles. Hadirnya komponen catalytic converter merupakan penemuan otomotif paling penting yang pernah di kembangkan. Sebab, komponen itu dapat mengubah racun dan polutan lainnya menjadi udara yang lebih bersih serta meningkatkan kualitas udara.

Kekhawatiran polusi yang meningkat tentang ekologi pada awal 1970-an menyebabkan Badan Perlindungan Lingkungan menyusun peraturan yang lebih ketat tentang emisi gas buang pada tahun 1975. Pada akhirnya Knalpot dan komponen catalyticnya di patenkan pada 1962.

Baca Juga : https://www.populita.com/

3. Antilock Breaking System (ABS)

Anda semua harus berterima kasih kepada insinyur asal Jerman satu ini bernama Karl Wessel. Sebab, dia yang telah berhasil membuat penemuan keselamatan paten yakni Antilock Breaking System (ABS) pada 1928. Akan tetapi sayangnya produk yang berfungsi tidak pernah terwujud. Hingga pada tahun 1971, Chrysler memperkenalkan “Four-Wheel Sure Brake,” sistem pengereman anti-selip empat roda pertama yang dioperasikan dengan komputer yang di tawarkan pada mobil Amerika. Itu adalah perlengkapan standar di Imperial ’71.

4. Airbag

Penemuan terbaik dalam dunia otomotif selanjutnya yakni mengenai Airbag. Komponen ini merupakan peranti keselamatan berkendara terbaik untuk meminimalisasi risiko cedera.

Paten pertama untuk penemuan yang menyelamatkan jiwa ini adalah perlombaan menuju garis finis antara John Hetrick dari Amerika dan Walter Linderer dari Jerman pada 1951. Sistem mereka menggunakan udara terkompresi yang di picu menggunakan pegas pada kontak bumper atau secara manual oleh supir. Teknologi ini di adopsi secara luas pada 1960-an, dibantu oleh pengembangan sensor tabrakan. Beberapa pembuat mobil memasukkannya ke dalam model tahun 1970-an, tetapi airbag tidak menjadi perlengkapan standar sampai tahun 1990-an.

5. Sabuk pengaman 3 titik

Anda harus berterima kasih juga kepada Insinyur Volvo bernama Nils Bohlin. Pasalnya, sang penemu ini membawa sabuk pengaman ke wilayah yang lebih aman dengan mengembangkan sabuk 3 titik. Sistem keamanan itu di rancang untuk menghilangkan energi deselerasi selama tabrakan di atas panggul dada dan bahu penumpang.

Sabuk buatan Bohlin di perkenalkan oleh Volvo pada 1959 dan pertama kali muncul di Volvo PV 544. Namun, pada akhirnya Volvo berbaik hati karena membuka paten untuk kepentingan umum keselamatan bagi masyarakat bersama. Bahkan NHTSA mengatakan, sabuk pengaman menyelamatkan sekitar 11.000 nyawa setiap tahun.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *