Berapa Tekanan Angin Ban Motor yang Ideal Ini Manfaatnya!

Berapa Tekanan Angin Ban Motor – Isi angin ban adalah hal yang wajib dilakukan secara berkala. Tak hanya masalah kenyamanan, tetapi hal ini juga berkaitan dengan keamanan dalam berkendara.

Tekanan angin ban motor sebaiknya diatur dengan benar agar bermanfaat secara optimal. Lantas berapa tekanan angin ban motor yang ideal? Simak penjelasan di bawah ini.

Ukuran Tekanan Angin Ban Motor Depan dan Belakang

Ukuran tekanaan angin ban motor harus di sesuaikan dengan jenis kendaraan. Ban depan dan belakang pun memiliki ukuran berbeda.

Dikutip dari situs Astra Motor, ban depan biasanya membutuhkan tekanan lebih rendah daripada belakang. Hal ini agar kemudi motor dapat lebih ringan dan mudah dikendalikan.

Berikut ini tekanan angin ban motor yang ideal untuk motor matic, motor bebek, dan motor sport:

1. Tekanan Angin Ban Motor Matic

  • Jika membawa beban ringan, tekanan angiin ban motor matic depan dapat di isi angiin hingga tekanan udaranya 28 psi. Kemudian pada ban motor matic belakang bisa di isi 31 psi.
  • Jika membawa beban berat atau sering berboncengan, maka ban depan perlu di isi pada tekanan 30 psi. Sedangkan pada ban belakang di sarankan tekanan udaranya 33 psi.

2. Tekanan Angin Ban Motor Bebek

Tekanan angiin ban motor bebek sebaiknya di atur lebih tinggi daripada matic karena beratnya sedikit lebih besar daripada matic.

  • Pada roda depan motor bebek tekanan idealnya 29-30 psi.
  • Pada roda belakang motor bebek tekanan idealnya 31-33 psi.

Baca Juga : Motor Matic yang Pengendaranya Harus Punya SIM C1

3. Tekanan Angin Ban Motor Sport

Motor sport yang lebih berat, tentu membutuhkan tekanan udara yang lebih besar lagi.

  • Pada roda depan motor sport, tekanan idealnya 32-34 psi.
  • Pada roda belakang motor sport, tekanan idealnya 39-41 psi.

Manfaat Mengatur Tekaanan Angin Ban Motor dengan Ideal

Dengan mengatur tekanaan angin ban motor secara ideal, maka pengendara akan merasakan manfaatnya secara optimal. Di kutip dari situs Suzuki Indonesia, berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Ban Menjadi Lebih Awet

Jika tekanaan angin ban motor tidak sesuai, apakah terlalu besar atau terlalu kecil, maka menyebabkan ban menjadi lebih cepat aus, sehingga usia ban semakin cepat berkurang. Mengatur tekaanan angin secara berkala dapat membuat ban menjadi semakin awet.

2. Mengurangi Risiko Kecelakaan

Tekanaan angin ban motor berpengaruh terhadap kontrol dan keseimbangan kemudi. Tentu ketika pengemudi kehilangan kontrol, maka akan berisiko kecelakaan. Dengan mengatur tekanan angiin secara ideal dapat mengurangi risiko kecelakaan.

3. Ban Lebih Bisa Mencengkeram Jalan

Tekanan angiin ban juga berpengaruh pada cengkeraman ban ke jalan. Dengan mengatur tekanan angiin yang tepat, maka daya cengkeram ban pada jalan akan semakin baik.

4. Efisiensi Bahan Bakar

Terakhir, tekanan angiin ban motor juga bisa berpengaruh pada efisiensi bahan bakar. Tekanaan angin yang tidak sesuai mengakibatkan gesekan yang lebih kuat dengan jalan, sehingga bahan bakar menjadi semakin boros.

Nah detikers, itulah tadi ukuran tekanaan angin ban motor depan dan belakang secara ideal, baik pada motor matic, bebek, dan sport, lengkap dengan manfaatnya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *