Hindari 6 Hal Ini Agar Mobil Tidak Cepat Rusak

Hindari 6 Hal Ini – Seorang pemilik kendaraan wajib merawat kendaraannya secara berkala agar tetap awet hingga jangka waktu yang lama. Perawatan mesin hingga fitur kendaraan wajib di lakukan dengan baik, tak terkecuali mobil. Ironisnya, sering kali mobil rusak bukan karena komponen yang sudah usang, melainkan karena pemiliknya yang sering mengabaikan hal-hal penting dalam perawatan mobil. Lantas, hal-hal apa saja yang jadi kewajiban pemilik untuk menjaga agar mobil tidak cepat rusak?

Mengabaikan Lampu Indikator Check Engine

Ini merupakan salah satu kesalahan yang paling sering di lakukan oleh kebanyakan orang. Lampu indikator check engine yang menyala di awal starter pada dasarnya memiliki fungsi penting. Pemilik kendaraan sering kali mengabaikannya dan membiarkan lampu tersebut mati sendiri. Padahal, lampu indikator tersebut justru mengingatkan pada pengendara bahwa mesin mobil mengalami masalah yang berimbas pada penggunaan bahan bakar yang kurang efisien. Bila hal ini di biarkan terus menerus, bukan tidak mungkin komponen mesin jadi mudah aus dan rusak.

Jarang Mengganti Oli dan Filter

Pergantian oli dan filter yang berkala bukan semata-mata permainan bengkel mobil untuk mencari untung. Justru hal ini adalah salah satu cara untuk memastikan keawetan mesin mobil itu sendiri. Oli sangat di perlukan sebagai pelumas mesin yang membantu sistem kendaraan bergerak secara optimal sekaligus melindunginya dari kerusakan. Mengganti oli secara berkala sekaligus filternya akan membuat mesin melaju lebih nyaman serta memperpanjang usia kendaraan

Mengabaikan Kondisi Ban

Kondisi ban juga wajib diperhatikan secara rutin, khususnya tekanan ban itu sendiri. Ban kempes berdampak pada keawetan ban itu sendiri sehingga lebih cepat gundul. Selain itu, ban kempes juga berimbas pada keselamatan penumpang, bahan bakar yang di butuhkan serta performa mobil itu sendiri ketika berada di jalan raya.

Baca Juga : Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Mengganti Oli Motor

Tidak Mengikuti Jadwal Servis

Kendaraan butuh servis secara berkala agar tetap bergerak dan melaju secara optimal. Sebab, banyak bagian serta komponen mobil yang kian lama semakin aus bahkan rusak seiring berjalannya waktu serta intensitas pemakaian mobil itu sendiri. Inspeksi secara rutin serta mengikuti jadwal akan membantu mobil Anda melaju lebih efisien serta mencegah perbaikan yang lebih mahal ketika rusak di tengah jalan.

Membiarkan Mobil Kotor

Jangan pernah membiarkan mobil dalam keadaan kotor. Setidaknya seminggu sekali cucilah mobil Anda dari kotoran serta lumpur yang menempel. Kotoran-kotoran yang menempel pada mobil berpotensi membentuk karat dari garam jalan. Belum lagi dengan kotoran menempel pada kaca depan yang membuat pandangan Anda selama berkendara jadi berkurang sehingga keamanan berkendara jadi terancam.

Mengemudi Ugal-ugalan

Kondisi jalanan yang macet, cuaca ekstrim, jalan berlubang hingga beban mobil yang terlalu berat memang membuat Anda menjadi kurang sabar dan terpancing untuk mengemudi secara ugal-ugalan. Ketika Anda mengemudi secara ugal-ugalan, mesin juga akan sering menghentak. Hal ini sangat mempengaruhi keawetan mesin itu sendiri. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengemudi dengan aman dan cerdas dengan menghindari aggressive driving.

Merawat mesin memang sangat di perlukan untuk menjamin keawetan mesin selama di kendarai, apalagi jika Anda sering berkendara di rute-rute ekstrem. Nissan Navara dibekali dengan mesin yang di lengkapi intercool turbo-diesel sehingga daya kuda dan torsi meningkat serta tetap mempertahankan efisiensi bahan bakar saat melalui rute yang ekstrem. Jadi setiap kali Anda berkendara di rute se-ekstrem apapun, mesin tetap bandel dan melaju secara efisien.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *